Review Novel : 99 Cahaya di Langit Eropa

by - April 28, 2012

NONFIKSI/NOVEL ISLAMI 
Penulis : Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
     
  


Apa yang anda bayangkan jika mendengar "Eropa"? Eiffel? Collosseum? San Siro? Atau tembok Berlin? Bagi saya, Eropa adalah sejuta misteri tentang sebuah peradaban yang sangat luhur, peradaban keyakinan saya, Islam.....

Dari awal melihat sampul novel ini saya langsung tertarik. Eropa! yuuuuuuuu siapa yang tidak tertarik dengan eropa? Paris, Italia, Spanyol, Jerman..... Tapi novel ini bukan bercerita mengenai pariwisata di Eropa tapi lebih dari itu... tentang pengalaman perjalanan Hanum dan suaminya selama tinggal di Eropa yang menakjubkan!


Dalam perjalanan itu saya bertemu dengan orang-orang yang mengajari saya, apa itu islam rahmatan lil alamin. Perjalanan yang mempertemukan saya dengan para pahlawan islam pada masa lalu. Perjalanan yang merengkuh dan mendamaikan kalbu dan dan keberadaan diri saya.


Novel ini bukan saja membuat saya ingin membacanya berulang-ulang tapi juga memberikan saya informasi yang selama ini tidak saya ketahui, khususnya sebagai umat muslim. Tidak bisa dibayangkan bahwa Islam pernah berjaya dibumi Eropa dan sinarnya menerangi langit Eropa. Betapa Islam pernah menjadi peradaban paling maju didunia. Betapa dengan lapang dada kita harus berbesar hati, bahwa masa kejayaan itu sudah berakhir, berabad-abad yang lalu, yang sekarang hanya menyisakan kenangan melalui bangunan-bangunan kuno yang sekarang ya sudah banyak beralih fungsi menjadi...gereja.

Dan yang paling membekas adalah ucapan fatma, sahabat hanum...

....Menjadi Agen Islam yang baik di Eropa

Ya, sama seperti harapan hanum yang yakin bahwa suatu saat cahaya tersebut akan kembali menerangi bumi Eropa, saya juga berharap demikian...lebih dari itu....

Selamat membaca :))

You May Also Like

0 komentar