Pengalaman Menjalankan Diet GM

by - Agustus 21, 2017


Duh, sebenarnya geli ya bikin postingan tentang diet. Seumur hidup saya nggak pernah menjalankan diet karena badan saya pernah terlalu kurus (42 kg saat awal kuliah) kemudian melesat hebat sampai di angka 58 kg hahaha. Dengan tinggi 165 cm sebenarnya nggak terlalu masalah sih bb segitu, tapi ya tetep ngeri kalau udah mendekati 60 kg. Apalagi pola makan saya tuh berantakan banget. Ngemil sepuasnya, makan sepuasanya, jajan sepuasnya. Duh Gusti :(

Oke, memutuskan untuk diet karena selain ingin bb turun, juga untuk memperbaiki pola makan yang seenaknya jidat ini. Masalahnya memilih program diet yang cocok untuk tubuh saya yang menderita maag kronis sungguhlah tidak mudah. Makanya ketunda terus. Mau diet ini, takut maagnya kambuh. Mau diet itu, ko ya ribet amet. Setelah research di internet bolak balik sampai mata jereng, akhirnya di pilihnya diet GM. Kenapa? Alasan utamanya saya masih bisa kenyang dengan menu-menunya, jadi aman untuk lambung saya.

Yang mau tau tentang diet GM bisa search di google aja ya. Penjelasan dan menunya lengkap.  

Oh ya, diet GM ini hanya boleh dilakukan satu bulan sekali selama 7 hari.


  • Hari pertama
Di hari pertama hanya boleh makan buah-buahan (selain pisang) sampai kenyang. Di sarankan makan buah melon dan semangka.


Bagi saya hari pertama adalah yang paling berat karena lambung saya mau nggak mau harus beradaptasi hanya dengan asupan buah-buahan. Tanpa nasi, lauk apalagi cilok dan bakso ikan haha. Rasanya kaya orang puasa beneran. Sempet lemas, tapi saya hajar pake dua buah apel. Alhamdulillah kenyang sampai malem.

  • Hari Kedua
Di hari kedua hanya boleh makan sayur-sayuran sampai kenyang. Boleh di oseng, rebus atau di bikin sop. Kalau saya untuk sarapan buat sop kentang dan wortel. Makan siang bawa bekel osengan jagung, jamur kuping, wortel dan sawi hijau.


Note : jamur kuping itu di luar menu diet GM ya. Saya tambahin sendiri biar nggak enek. Jangan di tiru 😁

  • Hari Ketiga
Di hari ketiga boleh makan sayuran dan buah-buahan (selain pisang). Nah, di hari ketiga ini lambung saya sudah bisa di ajak beradaptasi tanpa makan nasi. Ternyata lambung saya baik-baik saja. Saya tetap merasa kenyang.


Menu sayuran dan buahnya tetap sama seperti hari pertama dan kedua. Biar nggak bosan di variasiin aja cara masaknya. Misalnya jagungnya di bikin sop atau cuma di rebus kaya di gambar.

  • Hari Keempat
Di hari ke empat hanya boleh makan pisang dan susu. Saya sempet diare di hari ke empat karena ternyata efek susu dan pisang itu melancarkan pencernaan. 



Di sarankan pisangnya enam buah untuk sehari. Tapi saya cuma beli lima dan ternyata saya cuma makan tiga dan udah kenyang seharian. Untuk susu pilih yang low fat. Rasanya nggak enek.

  • Hari Kelima
Di hari kelima sudah boleh makan ikan atau daging ayam tanpa kulit dengan buah tomat. Kalau saya pilih daging ayam dada (padahal saya lebih suka paha ayam hiks). Tomatnya saya buat sambal.



  • Hari Keenam
Di hari keenam menunya adalah daging ayam tanpa kulit atau ikan dengan sayuran. Sayangnya saya lupa foto hiks. Saya makan pake ikan mujaer dan kangkung 😁

  • Hari Ketujuh
Di hari terakhir diet GM ini makan sayur, buah dan nasi merah. Karena saya nggak ada persediaan nasi merah, jadi saya ganti tempe. Tetep kenyang ko.

Fotonya asal aja haha

Review seputar diet GM :

  • Tantangan terbesar dalam menjalankan diet GM adalah menghindari ngemil. Jujur saja, saya beberapa kali kecolongan ngemil. Pie susu, tahu bulat, surabi dan terakhir risoles. Haha jangan di tiru ya. Sebagai manusia biasa aku tak kuasa menahan godaan :( *alasan
  • Persiapan diet GM saya terbilang mendadak. Jadi saya nggak sempet stok buah dan sayur yang banyak. Akibatnya menu yang di masak itu-itu aja. 
  • Jangan pasang ekspektasi berlebihan. Misalnya turun 10 kg dalam seminggu. Itu nggak mungkin. Yang paling penting badan jauh lebih sehat dan segar karena makanan yang masuk terkontrol.
  • Imbangi dengan olahraga. Sebelum berangkat kerja saya biasanya melakukan olahraga ringan dan lari di tempat. 
  • Berterima kasih lah kepada diri sendiri karena sudah berusaha semangat dan konsisten menjalankan diet. Nggak menyerah di tengah jalan.
Taraaa... bb saya turun 3kg dalam waktu seminggu. Target selanjutnya sih 51kg 😁



Love.
Amelia Utami

You May Also Like

9 komentar

  1. aku baru baca ini, dan jadi kepikiran untuk coba.. lumayan kalo sebulan bisa turun 3 kg kak... soalnya dari selama 2 tahun terakhir aku naik 5 kilo gara-gara makan ga kontrol. thanks for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau konsisten sih bisa turun sampe 4 kg. Iya sama2. Selamat mencoba ya 😊

      Hapus
  2. Hi mbak! Sama ini aku juga pejuang diet GM. nah utk hari ke-7, itu kita kan makan nasi ya, berarti 3x makan sehari pakai nasi/tempe (kaya mbak)? atau hanya sekali makan saja? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3x makan pake nasi mba atau sekenyangnya aja juga nggak masalah😊

      Hapus
  3. Kak diet GM kakak diatas sekali makan atau 2x makan kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai,maaf baru sempat dibalas. Makan tetap 3x sehari ya 😊

      Hapus
  4. Baru baca di tahun 2019.. Maf nanya.. Itu sayuran ditumis pakai minyak ya.. Trinakasih

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah saya sudah mulai ngejalani 2 x sejak tahun 2017 pertama saya diet GM lgsg turun 5kg drastis... Dan Alhamdulillah dpt bonus Hamil juga....skrg STLH anak sy lepas ASI sy coba lakukan LG diet GM ya..Ternyata malah drastis turun hingga 8kg....bener2 diet yg asikk seru dan nyata hasilnya...

    BalasHapus