Pengalaman Belanja Buku Via Online

by - Juli 13, 2015

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mempromosikan sebuah akun...

Membeli dan membaca buku adalah salah satu hobi saya yang cukup konsisten (kalau kebetulan ada duit hehehe). Tapi semenjak lulus kuliah dan balik ke kampung halaman, hobi itu jadi tersendat. Karena yeah di kampung nggak ada toko buku. Kalau pun ada, toko bukunya kecil dan koleksinya nggak lengkap. 

Beda banget waktu masih tinggal di Bandung. Mau beli buku, tinggal melesat naik angkot ke Gramedia atau Togamas. Kalau duitnya lagi cekak, ya belinya di Palasari. Intinya banyak pilihan. Waktu masih ada Defbry juga, masih bisa nitip ke dia. Trus tinggal minta tolong kirim ke rumah. Baru sekarang-sekarang saya mulai ngerasa frustasi karena nggak mungkin banget ke Bandung cuma beli buku doang :(

Akhirnya saya menemukan solusinya! *teriak girang*

Saya coba beli buku via online. Mungkin karena saya katro atau terbiasa beli buku langsung di toko, jadi saya nggak begitu tau kalau banyak toko buku online bertebaran. Awalnya ragu karena takut nipu. Tapi karena hasrat membaca buku sudah membludak (gaya banget sih, Mi!) akhirnya saya berani untuk order buku via online. 

Dari rekomendasi teman-teman dan berhari-hari survey di internet sampai mata nyureng, saya memilih order di Buku Kita. Secara keseluruhan, servicenya memuaskan dan trusted. Salah satu yang saya rekomendasikan! Oh ya, salah satu kelebihan beli buku lewat online adalah harga yang lebih murah dari harga asli di toko. Kalau di bukukita sendiri rata-rata dapet diskon 15%/buku. Lumayan, kaaaan?

Ada dua cara order di sana :
  1. Lewat website bukukita. Buka websitenya lalu tinggal pilih buku dengan mengetik Judul dan Pengarang. 
  2. Lewat Sms/Whatsapp. Order dengan mengetik format sesuai ketentuan. Saya memilih oder via whatsapp karena menurut saya lebih mudah dan nggak seribet di web. Tapi memang harus sabar karena sangat slow respon. Ini masih bisa di maklumi, mengingat orang yang order buku pasti jumlahnya sangat banyak. Tapi tenang saja, pasti di bales dan  mendapatkan konfirmasi orderan.
Sedikit tips membeli buku lewat online :
  1. Jangan membeli buku yang sudah lama terbit. Di gudang penerbit kemungkinan besar nggak ada, Kalau kita masih nekat, pihak bukukita akan mengkonfirmasikan bahwa buku yang kita pesan sudah tidak tersedia dan akan mengembalikan uang kita. Dimana-dimana urusan refund itu ribet banget! Saya saranin sih jangan ambil resiko. Yang ada bikin jengkel.
  2. Harus sabar. Karena beli buku lewat online dan datang langsung toko itu sangat berbeda, jadi jangan kaget kalau orderan kita sampainya agak lama. Karena namanya toko buku online, tidak semua buku ready stock ada di mereka. Sesuai pengalaman saya, saya pesen buku yang stocknya ada di gudang penerbit. Dibutuhkan waktu satu-dua hari untuk mengambilnya di penerbit. Kalau stocknya ada di mereka, pengiriman akan lebih cepat. 
  3. Jangan ragu bertanya kepada mereka tentang proses orderan kita. 
Sekian dan selamat berbelanja bukuuuuuu :)

Love.
Amelia Utami
#30hariproduktifmenulis

You May Also Like

0 komentar