Review Novel : Dunia Sophie

by - Januari 06, 2013

NOVEL/FILSAFAT
Penulis   : Jostein Gaarder
Penerbit : mizan



"Kata banyak orang,filsafat itu sulit. Siapa bilang? Bacalah buku Dunia Sophie ini, dan anda akan tahu, filsafat itu amat mudah dipahami"

Sinopsis :

Sophie, seorang pelajar sekolah menengah berusia empat belas tahun. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapat sebuah surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan : "Siapa kamu?"

Belum habis keheranannya, pada hari yang sama dia mendapat surat lain yang bertanya : "Dari manakah datangnya dunia?"

Seakan tersentak dengan rutinitas hidup sehari-hari, surat-surat itu membuat Sophie mulaimemperta yakan soal-soal mendasar yang tak pernah dipikirkannya selama ini. Dia mulai belajar filsafat.

*****

Hampir delapan bulan saya menyelesaikan membaca novel ini! Huaaaa selama itu, iya kalau sekedar membaca mungkin sebentar tapi ini bukan novel biasa. Novel ini butuh pemahaman walaupun saya akui, novel filsafat ini bahasanya mudah dipahami untuk ukuran orang yang tidak terlalu suka filsafat seperti saya.

Pembahasannya menarik dikemas dengan petualangan tokoh bernama Sophie bersama guru filsafatnya bernama Alberto Knox. Dalam petualangan Sophie, kalian diajak pada pemahaman tentang filsafat mulai dari dasar sampai bertemu dengan tokoh-tokoh dari berbagai abad seperti Aristoteles, Democritus, Plato dan lain-lain dengan teori-teori yang mereka bawa pastinya.

Jalan cerita novel ini pun tak kalah menarik, membuat saya larut seakan-akan saya adalah Sophie. Dan kejutan pun diberikan di akhir cerita! Mau tau? Hmmm saya sarankan anda membacanya dan silakan pahami  . saya yakin setelah selesai membaca kamu akan berubah pikiran bahwa ternyata belajar filsafat tidak sesulit yang dipikirkan. Lewat Sophie, kamu  bisa belajar dan tentunya pengetahuan kamu tentang filsafat akan bertambah bukan? :)

Oh iya novel ini sebenarnya novel lama, sekitar tahun 1991-an tapi karena best seller jadi dicetak ulang sampai sekarang. Hebat!

Selamat membaca 

You May Also Like

2 komentar

  1. Huaa.. buku ini kira2 di Gramedia msih ada gak ya? Apakah akan se-keren Descartes..

    BalasHapus
  2. masih ada ko :) yang pasti seru banget

    BalasHapus