Sikunir

by - Juli 12, 2014

Short information :
Sikunir adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Sembungan-Dieng, yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Destinasi wisata ini terkenal dengan golden sunrise-nya yang memukau.

Lanjutan postingan dari "Trip to Dieng"...

Setelah puas mengunjungi kawah Sikidang, kami melanjutkan ke destinasi wisata utama kami yaitu Sikunir. Meskipun tidak mendapatkan golden sunrise yang cantik itu, hal tersebut tidak menyurutkan langkah kami untuk mengunjungi Sikunir (yeaaaaaah!). Banyak jalan menuju Sikunir, kami memulainya dari kawah Sikidang (ini jangan ditiru karena kami tersesat sebenarnya hahaha. Aturannya ke Sikunir dulu baru ke kawah Sikidang. Cari rute yang lebih dekat di google ya). Daripada planga-plongo, akhirnya iseng-iseng kami tanya ke tukang ojek disekitar kawah Sikidang.

Eng...ing..eng...tukang ojek tersebut tau jalan menuju Sikunir tapi dengan ongkos yang lumayan mahal yaitu 25ribu satu orang (aji gileeeeee). Kami tawar berkali-kali ngak mau. Akhirnya kesepakatan 20rbu. Deal. Tidak boleh ditawar lagi.

Jalan menuju Sikunir tidak mulus ternyata. Jalannya sempit, berbelok-belok dan terus menanjak. Saya sampai harus meemegang jok motor dengan kuat sekali. Sedikit lengah, saya bisa jatuh begitu saja (huaaaa). Dan yang lebih bikin deg-degan, tukang jeknya tuh lewat rue yang tidak biasanya. Sepi dan nggak ada orang lewat. Mana bau belerang lagi. Saya dan Trian sempat saling pandang dan ngeri-ngeri sedap. Takut di apa-apain sama si tukang ojeg. Apalagi muka tukang ojegnya rada-rada gimanaaaa gitu.
Sekitar 30 menit akhirnya kami tiba di Desa Sembungan. Untungnya tukang ojeknya baik hati. Kami diantar sampai pemberhentian pertama menuju Sikunir. Oh iya bagi yang mau tau desa Sembungan itu bagaimana. Saya foto nih.

Desa Sembungan. Jalan menuju Sikunir.

Ada sedikit tips nih dari saya : siapkan fisik karena mendaki bukit ini sama saja dengan mendaki gunung, meskipun tracknya tidak terlalu berat. Jangan lupa bawa minum dan gunakan sepatu yang alasnya tebal. Karena jalannya licin dan berbatu. Jika tidak terlalu banyak istirahat, perjalanan menuju puncak Sikunir hanya memakan waktu 30 menit. Menyenangkan!

Jika ingin melihat golden sunrise, kamu harus menginap semalam di hostel atau penginapan yang banyak tersedia di desa Sembungan atau membuat tenda layaknya orang kemping di sekitar lahan menuju Sikunir. Paginya sekitar pukul tiga atau empat kamu mulai mendaki. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan golden sunrise itu.

Berfoto ditengah-tengah istirahat mendaki.

Disamping kiri itu jurang ya. Jadi hati-hati jalannya. Fokus saja pada petunjuk jalan yang sudah disediakan. Tidak akan tersesat, gaeeees.

Akhirnya kami tiba dipuncak Sikunir sekitar pukul 09.30 WIB. Sudah siang ya? Tapi tak apalah. Itu tidak mengurangi keindahan puncak Sikunir bagi saya.

Puncak Sikunir. Kalau pagi hari ini lebih indah!

Pemandangan setelah turun dari puncak Sikunir :

Meskipun nggak dapet golden sunrise, yang jelas saya tidak menyesal mengunjungi Sikunir.
 One of the most beuatiful places

Sampai jumpa di jalan-jalan selanjutnya! :)