Cerita Awal Berhijab

by - Maret 27, 2015

Well, setelah berhijab selama tiga tahun, tiba-tiba saya pengen cerita aja bagaimana awal saya mengenakan hijab. Saya yakin setiap orang yang sudah memutuskan untuk berhijab pasti memiliki cerita tersendiri.

Oke, ini cerita saya.

Sebelumnya mengenakan hijab sama sekali tidak terlintas dalam pikiran saya. Selain keluarga saya yang nggak pernah memaksa, saya juga merasa nggak berkewajiban mengenakan hijab. Saya pikir waktu itu yang penting melaksanakan ibadah wajib, seperti sholat, puasa, mengaji dan berbuat baik pada orang lain. Intinya, kalau pun berhijab saya akan mengenakanya ketika tua nanti. Apalagi saya punya cita-cita pengen jadi ibu dan istri yang gaul (ceilaaaaa).

Hijab sebenarnya bukan hal yang baru bagi saya. Waktu kecil saya sudah mengenakan hijab (atau lebih tepatnya kerudung) ketika pergi ke sekolah Madrasah. Kemudian waktu SMP dan SMA saya juga mengenakan kerudung ke sekolah, meskipun terpaksa. Ya, terpaksa. Alasannya karena kebijakan pemerintah kab. Indramayu yang mewajibkan seluruh siswa SMP dan SMA mengenakan kerudung ke sekolah. 

Tentang kebijakan ini saya pernah ngedumel ke Defbry : 
"Ngapain sih ada kebijakan kaya gitu? padahal pengen banget ke sekolah dengan rok abu-abu pendek dan gaya rambut yang keren". Hahahaha tipikal anak SMA banget ya.

Balik lagi, tapi yaaa saya mengenakan kerudung hanya sebatas di sekolah aja, di luar sekolah sih lepas lagi. Nggak sedikit orang yang menyangka saya mengenakan hijab karena saya bandel dan pergaulannya nggak bener. Orang yang sudah mengenal saya sih nggak percaya. Ya karena memang kenyataannya saya tipikal anak baik. Sebelum pake hijab pun saya nggak pernah pake baju yang aneh-aneh sampai terbuka gitu. 

Terus kenapa pake hijab?

Nah, singkat cerita saya kuliah kan di Bandung. Salah satu yang buat saya seneng banget bisa kuliah di Bandung adalah saya bisa bebas. Pakaian nggak perlu pake hijab apalagi kerudung. Saya juga sempet ngedumel panjang lebar ketika ada himbauan untuk mengenakan hijab ketika mata kuliah Pendidikan Agama Islam atau apa gitu saya lupa. Katanya kalau nggak pake hijab, nilainya jelek. Ngeselin nggak, sih? belum lagi di wajibkan untuk ikut mentoring. Bagi saya pake hijab itu nggak bisa di paksa. Titik. 

Dari situ saya mulai rada antipati sama orang yang berhijab, terutama dengan hijab yang panjang. Duh, saya jadi inget saya pernah ikut ngeledek salah satu guru di SMA dengan sebutan guru batman, karena beliau kalau pake hijab panjang banget sampai hampir menyapu lantai. Ya mirip jubah batman. Maaf ya bu hehehe.

Pokoknya sebelnya saya sama orang berhijab tuh bener-bener sebel yang nggak bisa di jelasin. Sebel aja gitu. Bagi saya mereka tuh orang-orang ribet. Norak. Fanatik. Dan nggak bisa menikmati hidup. Apalagi saya pernah di katain yang nggak-nggak sama teteh-teteh berhijab panjang. Makin sebel lah saya sama mereka. Makanya tiap orang nanya ke saya : "Ami, kapan pake hijab?". Saya selalu bilang dengan asal: "Nanti kalau udah nikah". "Nanti suatu saat nanti, masih lama banget". 
Jujur saja sebelumnya saya termasuk penganut garis keras "Hijabin dulu hatinya" atau "Lebih baik orang yang nggak berhijab tapi baik, daripada orang berhijab tapi hatinya busuk". Sinis banget, kan? Hahahaha.

Banyak orang yang nggak percaya saya sesinis itu sama orang yang pake hijab, tapi rajin sholat dzuha, tahajud, puasa senin kamis dan lancar ngaji Al-Quran (Ini bukan pamer ya). Saya sih waktu itu cuma ketawa aja terus dengan santainya bilang : "Asal jangan pake hijab aja". Duh, hahahaha.

Kemudian saya masih inget banget, waktu itu tanggal 30 April 2012, saya sakit. Bukan sakit biasanya kaya demam atau pilek. Bukan hanya sakit badannya, tapi juga jiwanya. Ya, saya serius. Boleh percaya atau nggak. Baru kali itu saya ngalamin hati yang galau banget. Bukan galau ala-ala anak ABG labil, tapi galau yang "apa iya hidup saya udah di jalan yang benar?". Nggak tau kenapa hati saya kaya "di usik-usik". Dibikin bingung, dibikin suruh mencari. Selama itu saya kesiksa banget. Setiap malam hampir selalu tidur setelah adzan subuh, jarang makan, jadi males banget dan tiba-tiba kehilangan minat buat ngelakuin apa-apa.

Defbry dan teman saya, Eyi, adalah saksi bagaimana saya sering bolak-balik ke dokter bahkan ke rumah sakit cuma pengen tau apa penyakit saya. Dokter bilang katanya saya cuma maag terus di kasih obat. Nyatanya? obat itu nggak bikin saya tenang. Saya makin gelisah dan makin down. Hidup rasanya kaya nggak berguna.

Satu bulan kemudian, saya masih juga gelisah luar biasa. Kuliah nggak konsen, kegiatan organisasi jadi nggak fokus dan saya semakin tertutup sama orang lain. Kerjaan saya tiap hari cuma curhat sama Eyi, Defbry atau sama teh Yossi hahahaha. Sempet juga saya dan Eyi mikir mungkin saya katanya di guna-guna (kalau inget itu konyol banget) karena pernah PHP-in cowok. Terus saya juga sempet pengen ke psikolog atau ustad. Pokoknya kemana aja asal hati saya tenang.

Nah, pada saat itu (saya lupa tanggalnya), saya nggak sengaja baca twit dari Ustad Felix. Kebetulan beliau lagi bahas tentang hijab gitu. Yang saya inget twitnya itu begini :

Hidayah pake hijab tuh di jemput, bukan di tunggu.

Pake hijab dulu, kesiapan hati pasti menyusul.

Waktu itu saya baca twitnya berkali-kali. Udah di kasih sakit begitu tuh, saya masih sempet-sempetnya sinisin nih ustad hahaha. Saya bilang : "Ustad macam apa sih, kerjaannya nyindir-nyindir terus". Padahal sih dalam hati jleb banget karena twitnya tuh bener-bener saya banget.

Abis itu saya intropeksi. Saya nangis. Saya mikir barangkali ini semua "teguran" dari Allah atau bisa jadi bentuk kasih sayang Allah sama saya untuk menyempurnakan ibadah saya, yaitu dengan menutup aurat.

Singkat cerita satu bulan kemudian, tepatnya bulan Juni 2012 saya secara spontan memutuskan untuk pake hijab. Waktu itu mau balik ke Bandung, saya bilang ke ibu (waktu itu ibu saya belum berhijab) : "Bu, Ami mau pake hijab". Ibu kira saya bercanda, tar paling di lepas lagi. Tapi ternyata saya beneran. Saya pake tu hijab dalam perjalanan Jatibarang-Bandung. Waktu saya tiba di terminal Caheum dan di jemput Defbry, dia sempet kaget dengan penampilan saya karena sebelumnya saya nggak ngomong apa-apa. "Ini bener mau seterusnya pake hijab?". Tanpa ragu saya bilang "iya".

Yaudah akhirnya saya pake hijab kemana-kemana. Teman-teman saya di kampus sempet kaget tapi rata-rata mereka seneng. Saya tambah seneng lagi begitu tau ada beberapa temen kampus saya yang tadinya nggak berhijab, lalu berhijab. Saya merasa ada temen aja gitu. Temen penguat untuk tetep istiqomah pake hijab.

Saat itu juga secara ajaib saya berangsur-angsur sembuh. Hati saya pelan-pelan mulai tenang dan saya jadi semangat lagi.

Pernah tergoda untuk lepas hijab?

Pernaaaaah. saya kadang kangen pergi kuliah pake kaos pendek atau rambut di gerai hahaha. Tapi alhamdulillah Allah selalu menguatkan hati saya. Saya berkali-kali bilang ke hati saya : "Ini buat tabungan di akhirat. Nggak apa-apa banyak godaannya, Nggak apa-apa saya jadi nggak punya banyak temen. Yang penting ada Allah".

Kalau di inget-inget, saya bersyukur sekali diberi hidayah cepat oleh Allah untuk berhijab. Meskipun saya belum sempurna, setidaknya saya terus belajar untuk lebih baik lagi. Inshaa Allah.

----

Dari semua kejadian itu, saya banyak megambil hikmah. Bener kata Allah, kita nggak boleh terlalu sebel sama sesuatu atau seseorang karena bisa jadi kita akan seperti mereka. Saya sudah membuktikannya. Masih mending saya kemakan omongan sendiri ke arah yang lebih baik, nah kalau nggak? nauudzubillah mindalik.

Oh ya semenjak berhijab juga saya jadi lebih toleran, terutama kepada mereka yang belum berhijab. Saya nggak mau buru-buru menghakimi, sok menasehati atau memaksa mereka mengenakan hijab. Saya yakin, setiap orang punya jalannya masing-masing. Ada batas dimana kita boleh menasehati dan ada batas dimana kita nggak boleh ikut campur sama sekali.

Karena mengenakan hijab adalah masalah hati, jadi silakan tanya pada hati kalian masing-masing : tidakkah ingin menjadi manusia lebih baik lagi? :))))))


Love.
Amelia Utami

You May Also Like

1 komentar

  1. Sebenarnya saya dulu risih kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. coba klik aja di www.mukenadistro.com

    BalasHapus