Taman Sari Gua Sunyaragi

by - Maret 01, 2015


Lokasi : 
Jalan by pass Brigjen Dharsono.
  Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon.

Tiket Masuk :
Rp. 8000-,/orang


Hallo...

Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke kota Cirebon, jangan lewatkan nih wisata cagar budaya yang sudah ada sejak beberapa abad silam. Yup, namanya Taman Sari Gua Sunyaragi atau masyarakat lebih akrab menyebutnya Gua Sunyaragi atau Taman Air Sunyaragi. 

Sekilas tentang Gua Sunyaragi 

Nama "Sunyaragi" berasal dari kata "sunya" yang artinya adalah sepi dan "ragi" yang berarti raga. Keduanya di ambil dari bahasa Sanskerta. Tujuan utama di dirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para sultan Cirebon dan keluarganya. 

(dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Sari_Gua_Sunyaragi). 
Baca selengkapnya disana ya. hehehehe. 




Karena saya berkunjung pada sore hari (plus seharian udah jalan-jalan ke tempat lain hehe), saya nggak punya banyak waktu untuk berkeliling ke seluruh kompleks gua. Ini artinya saya hanya berkunjung ke bagian depan saja, padahal di bagian belakang nya masih luaaas. Huhuhu tapi apa daya kaki saya udah keburu pegel dan tenggorokan ini rasanya haus banget kaya abis jalan-jalan ke gurun. 







Meskipun hanya sebentar mengunjungi Gua Sunyaragi, tapi saya berkali-kali berdecak kagum pada arsitekturnya, terutama pada batu-batu putih yang menempel itu.  Ko bisa ya gue baru kesini padahal ini deket dari Indramayu?. HAHAHAHA.

Intinya, tempat wisata Gua Sunyaragi wajib masuk ke list kamu kalau berkunjung ke kota Cirebon!








Cheeeers!
Amelia Utami

You May Also Like

0 komentar