Kekuatan Hobi

by - Agustus 01, 2015

Kalau ada yang tanya, apa hobi saya, saya akan menjawab dengan lantang :

1. Menulis
2. Membaca Novel
3. Menonton Drama Korea

Yup betul, semua hobi itu di lakukan di dalam rumah! Tidak ada pemandangan gunung, pantai, atau gedung-gedung tinggi. Hobi saya bisa di lakukan sambil duduk, tengkurap, tidur-tiduran bahkan tidur beneran. Nggak usah pake baju bagus-bagus, cukup pake baju rumah atau daster sekalian. Mau nggak pake baju? terseraaaaah!.

Ada yang nganggap hobi saya aneh, karena dia liat saya nggak pernah ngerasa bosan. Ada, nggak ada duit, katanya saya tetep seneng-seneng aja. Lah ya iyalah, orang hobi saya murah. Kecuali saya hobi ngoleksi berlian, baru deh kalang kabut.

Bandingkan dengan dia katanya, kerja hampir tiap hari. Dapet gaji, bela-belain nabung, lalu jalan kesana kemari. Anehnya, dia ngerasa nggak begitu bahagia walaupun udah buang duit banyak.  
Giliran saya yang sirik. Rasanya pengen bilang, "Eh, justru elo yang enak kaliiiii. Bisa mengunjungi tempat-tempat baru. Daripada gue, diem di rumah. Lama-lama bisa bertelor!"

Akhirnya saya jawab, "Mungkin travelling bukan hobi kamu, tapi cuma sekedar memenuhi kebutuhan aja. Karena penat di kantor, ya kamu butuh liburan".

Temukan hobi. Itu mungkin hal yang sepele. Tapi sebenarnya sih cukup krusial. Hobi itu bukan sekedar kegiatan di waktu luang, tapi juga salah satu yang bikin kita  tetap waras. Tetap bahagia. Walaupun kata orang lain hobi kita aneh, abaikan. Selama hobinya itu hal-hal yang positif. Bukan hobi ngoleksi narkoba atau nyolong duit. 

Bagi saya, di sebut hobi itu jika kita melakukannya berkali-kali dan perasaan kita tetap sama saat melakukannya, yaitu bahagia, antusias, rileks dan lain-lain. Itu yang saya rasakan. Lagi sedih, terus nonton drama korea, rasanya seperti di hibur. Bisa ketawa lagi atau minimal senyum. Lagi bete, baca novel, rasanya kaya di ajak ngomong. Lagi putus asa, terus menulis, rasanya kaya beban tuh pelan-pelan di angkat. Ya semacam itu lah.

Hobi itu kaya pelampiasan positif saat saya lagi marah, kesel, sedih atau pengen nyekik orang (hahahaha). Orang yang tidak memiliki hobi, mungkin akan melakukan pelampiasan ke hal-hal yang negatif, yang berujung pada merugikan orang lain atau dirinya sendiri. Dan satu lagi, kalau sesuatu yang kita anggap hobi itu justru membuat kita tambah mengeluh, ya berarti itu bukan hobi. Jangan di terusin. Ngapain? Menyengsarakan!

Love.
Amelia Utami
#30hariproduktifmenulis

You May Also Like

1 komentar