Drama Korea : Reply 1988

by - Februari 07, 2016

Gambar di ambil dari asianwiki.com
Release Date : 
6 November 2015 - 16 Januari 2016

Network : TvN

Plot :

Pada tahun 1988, Duk Sun (Hyeri), Jung Hwan (Ryoo Joon-Yeol), Sun Woo (Ko Gyung-Pyo) dan Dong Ryong (Lee Dong-Hwi) adalah pelajar SMA dan Taek (Park Bo-Gum) adalah pemain Baduk profesional. Kelima orang itu sudah berteman sejak mereka kecil. Mereka semua tumbuh bersama sebagai tetangga dan keluarga mereka sangat dekat satu sama lain. Mereka selalu berkumpul di kamar Taek dan menghabiskan waktu bersama-sama.

Keluarga Duk Sun miskin dan mereka tinggal di rumah bawah tanah. Ayah Duk Sun (Sung Dong-Il) kehilangan uang karena menjamin hutang untuk orang lain. Namun demikian, Duk Sun memiliki kepribadian yang ceria dan suka menyanyi dan menari. Dia suka berkelahi dengan kakaknya, Bo-Ra (Ryoo Hye-Young).

Jung Hwan sangat suka sepak bola dan keluarganya paling kaya di antara teman-temannya. Sedangkan Sun Woo adalah murid teladan di sekolah, anak yang baik dan kakak yang baik dirumah. Ibu Sun Woo membesarkan Sun Woo dan adiknya sendirian sejak ayah Sun Woo meninggal dunia. Dong Ryong gemar menari dan bergaul dengan empat teman-temannya. Dia menyerah mendaftar ke universitas karena skor akademisnya buruk.

Taek adalah pemain baduk dan suka dijuluki sebagai "Tuhan". Semenjak Drop Out dari sekolah, teman-temannya hanya Duk Sun, Jung Hwan, Sun Woo dan Dong Ryong saja.

sumber dari AsianWiki


*****

Meskipun saya penggemar berat drama korea, tapi saya tidak pernah membuat review khusus di blog saya. Alasannya karena pasti ulasannya banyak dan jujur saja saya males hehe. Tapi untuk drama yang satu ini, saya sengaja membuat review khusus. Sayang saja kalau tidak dibuatkan review.

Oke,kita mulai saja...

Dibandingkan series Reply sebelumnya, yaitu Reply 1997 dan Reply 1994 (belum nonton sampai selesai), bagi saya Reply 1988 adalah yang TERBAIK dan HIGH RECOMMENDED! Terlepas dari #teamJungHwan atau #teamTaek, terlepas dari banyak kritikan netizen yang mengatakan dua episode terakhir adalah yang paling buruk (alah, ini sih bagi #teamJungHwan kaliiii :p), drama ini memiliki banyak pesan moral.

Plot utamanya masih tetap sama ala series Reply, yaitu menebak siapa yang akan menjadi suami Duk Sun di antara ke empat sahabat laki-lakinya. Kalau di Reply 1997 kental sekali cerita romance-nya, di Reply 1988 semuanya imbang. Persahabatan, kekeluargaan, percintaan dan hubungan antar tetangga.

Oh ya waktu drama ini rame akan segera tayang, saya sempat meragukan bahwa Reply 1988 tidak akan sesukses series Reply sebelum-sebelumnya. Alasannya karena semua pemain utamanya tidak terkenal dan tampangnya ya saya akui biasa-biasa saja. Ditambah dengan setting tahun 1988 yang lebih jadul dari 1994 dan 1997. Kebayang dong gaya fashion mereka kaya apa hahaha. Dan awalnya saya pikir akan mengalami kesulitan ketika mengikuti drama ini.

Reply 1988 juga mencatat sebagai series Reply dengan episode terbanyak, yaitu 20 episode dengan durasi yang panjang yaitu satu setengah jam-dua jam/episode.

Ada beberapa kelebihan yang di miliki oleh Reply 1988 yang membuat drama ini berkualitas :


  • Tema. Semua imbang. Walau benang merahnya tetap menebak siapa yang akan menjadi suami Duk Sun. Kamu akan merasakan paket komplit ketika menonton drama ini : persahabatan, kekeluargaan, percintaan dan hubungan antar tetangga. Yang terakhir, saya harus memberi tepuk tangan untuk penulis skenarionya. Siapa sih yang kepikiran akan membawa tema hubungan antar tetangga di sebuah drama? ini secara tidak langsung "menampar" para penonton. Di zaman modern ini, hubungan antar tetangga tidak sedekat ketika kita masih kecil. Sekarang kita lebih acuh dan cuek. Tidak lagi tau apa yang terjadi dengan tetangga kita. Kita hanya bertemu dengan mereka di jalan saja dan hanya menyapa. Di Reply 1988, kita akan menyaksikan bagaimana hangatnya hubungan antar tetangga yang sekarang jarang kita temukan : saling berbagi makanan, menengok tetangga ketika sakit, membantu ketika tetangga mengalami kesulitan dan ikut bahagia ketika mendengar kabar baik dari tetangga.

Belum bisa makan malam kalau belum bagi-bagi makanan ke tetangga :D 
  • Plot yang matang dan rapih. Dari episode pertama sampai terakhir memiliki line story yang unik. Reply 1988 adalah drama korea pertama dengan durasi panjang yang tidak membuat saya bosan. Durasi satu setengah jam tidak terasa karena saya menikmati alur cerita dan jatuh cinta pada setiap karakter tokohnya.
  • Alur cerita lambat tapi masih enak di ikuti. Bisa di hitung dengan jari scene Duk Sun dewasa dan suaminya di tahun 2015. Selebihnya alur mundur. Bahkan di episode ke 18 belum ada tanda-tanda jelas yang menunjukkan siapa suami Duk Sun! Bikin frustasi pokoknya. Semua masih serba bias. Menonton drama ini juga dijamin membuat perasaan kita jungkir balik. Ketawa ngakak, senyam-senyum, terharu sampai nangis termehek-mehek. 
  • Akting para pemainnya. Baru kali ini juga saya jatuh cinta pada semua pemeran di sebuah drama korea. Bukan cuma pemeran utamanya saja, tapi pemeran pembantunya juga. Akting mereka tidak ada yang berlebihan. Semua sesuai dengan porsi peran masing-masing. Dan ciri khas dari series Reply adalah akting pemainnya yang natural. 
  • Properti yang digunakan benar-benar mengajak kita ke kehidupan tahun 1988. Adegan iklan di tv sama olimpiade juara banget! Entah dapet darimana semua properti itu.
  • Drama yang memorable. Reply 1988 akan menjadi drama paling memorable. Saat drama ini selesai, sejujurnya saya ikut sedih karena sepanjang 20 episode saya di ajak bernostalgia dan ikut merasakan kenangan-kenangan masa muda yang di alami oleh para pemainnya. Apalagi ada backsounds dengan lagu-lagu barat yang terkenal pada tahun 80an, seperti Right Here Waiting, Falling in Love With You dll. Sepertinya saya akan susah move on nih hmmmm.
Berikut adegan-adegan terbaik dari Reply 1988 

Adegan terlucu :

Kapan lagi nemu adegan edan ini selain di Reply 1988? HAHAHA

Adegan romantis untuk tim Jung Hwan :



Adegan romantis untuk tim Taek :




PUKPUK UNTUK JUNGHWAN!!!!

Adegan paling haru :

CERITA TENTANG KELUARGA DOK SUN. UDAH ITU AJA.

Saat ayah memberikan kejutan ultah untuk Dok Sun. Karena keluarga Dok Sun miskin, ayah merayakan ultah Dok Sun dan Bora secara bersamaan setiap tahunnya.
Dok Sun menangis saat melihat kamar kosan kakaknya sangat kecil
Ayah memberitahu pada ibu bahwa hutangnya sudah lunas dibayarkan dan mereka bisa hidup kembali dengan layak seperti keluarga lainnya.
Saat para tetangga memberikan bunga kepada Sung Dong Ill yang akan menghadiri perpisahan pensiun dini.
 KAPAN LAGI COBA BISA LIAT TETANGGA YANG PEDULI BEGITU? HUH!
Dok Sun membacakan plakat untuk ayahnya karena sudah bekerja keras dan sekarang resmi pensiun
Satu hari sebelum Bora menikah, ayah membuatkan nasi goreng untuknya dan mereka berdua makan bersama. Mau nangis rasanya karena bisa ngerasain perasaan seorang ayah yang akan ditinggal putrinya menikah.
    ADEGAN YANG BIKIN PATAH HATI :


    SURUH SIAPA NGGAK BERANI NGUNGKAPIN CINTA? SURUH SIAPA HAAAH? GILIRAN DI DULUIN TEMEN SENDIRI MALAH NYALAHIN TIMING. BAAAAH!
    *emosi banget banget pas adegan ini*

    Adegan yang bikin nangis termehek-mehek:

    PERNIKAHAN BORA

    Sung Dong Il bener-bener jago meranin ayah dengan muka memelas begitu. Adek sampai nangis, bang :(


    Bora melihat sepatu yang ia berikan pada ayahnya ternyata kebesaran dan disumpal dengan menggunakan tissue.
    Saat ayah membaca surat dari Bora
    Saat Bora membaca surat dari ayah. Siapin tissue yang banyak :(
    YANG AKAN DI RINDUKAN :






    *****

    SATU KEKURANGAN DARI REPLY 1988, YAITU TIDAK DITAMPILKANNYA PERNIKAHAN DOKSUN DAN TAEK. YANG DITAMPILKAN JUSTRU PERNIKAHAN BORA. PADAHAL BUKAN MEREKA YANG JADI PEMERAN UTAMAAAA GGRRRRR!


    Dok Suk dan Taek di masa tua. Pokoknya jangan ngarepin adegan yang banyak dari mereka. Mereka cuma mau nongol di akhir-akhir episode.


    Kesimpulan :

    Sebenarnya dari awal saya termasuk #teamTaek. Bukan karena tidak suka Jung Hwan, bukan itu. Karena kalau akhirnya sama Jung Hwan pun itu nggak berpengaruh untuk saya. Saya menonton drama ini murni karena suka dengan tema-tema yang di angkatnya, termasuk adegan-adegan yang bikin baper hehehe. Saat tau suami Duk Suk adalah Taek, saya akui saya bahagia banget. Tapi terlepas dari itu, percaya deh, tanpa adanya ship-ship-an, drama ini layak banget untuk di tonton.

    *****

    Terima kasih sudah membaca. Salam dari Jin Joo.


    Notes :

    Gambar di ambil dari pribadi dan berbagai sumber


    Love.
    Amelia Utami

    You May Also Like

    2 komentar

    1. waah jadi pengen lanjutin nonton. Sebelumnya udah sempet nonton ini, tapi belum selesai baru sampe episode 2.. review dan ratingnya bagus katanya.

      Btw blognya enak dibaca kak, aku follow kaka.
      Follback ya kak :)

      BalasHapus
    2. Hai, terima kasih sudah baca. Iya lanjutin aja nontonnya, ini drama bagus banget soalnya. Btw, udah aku follback ya :)

      BalasHapus