Review Novel Teenlit : Jingga untuk Matahari

by - Januari 28, 2017




Judul  : Jingga untuk Matahari

Woooohhh, setelah menunggu lima purnama kalau kata Rangga sih 😆 atau lebih tepatnya lima tahun menunggu, akhirnya buku ketiga dari seri Jingga dan Senja terbit juga. Padahal saya udah pasrah kalau emang cerita Ari dan Tari ini nggak berlanjut. Ya bayangin aja, saya membaca buku keduanya, Jingga dalam Elegi, tahun 2011. Saat saya kuliah semester 2! 😅 and now....yes now.... saya sudah bekerja dan sudah pasti bukan remaja lagi 😢.

Mengutip salah satu reader novel ini di goodreads yang mengatakan bahwa novel Jingga untuk Matahari ini ibarat mantan yang udah lama kita lupain, terus kita udah berhasil move on dan hidup kita baik-baik saja tanpa dia, tapi tiba-tiba setelah bertahun-tahun lamanya eh dia nongol lagi. Saya setuju dengannya. Untuk ukuran novel yang di nanti-nanti setelah sekian lama, saya antusias. Saking senengnya, saya sampe bela-belain PO demi dapet tanda tangan mbak Esti (mengoleksi novel-novelnya dari dulu, baru kali ini dapet tanda tangannya. Norak ya? Bodo! 😝).

Balik lagi, ibarat mantan tadi...ketika saya selesai membacanya, saya hanya merasakan feeling nostalgia, tanpa bisa jatuh cinta lagi. Bukan, bukan karena novel ini jelek. Ada beberapa hal dalam novel ini yang membuat dahi saya mengerut  :
  1. Untuk ukuran novel teenlit, Jingga untuk Matahari ini terlalu tebal bagi saya. Total 440 halaman, bo! Dengan kesibukan saya di kantor, saya butuh satu bulan untuk menyelesaikan novel ini. Hmmm pantes ya harga novelnya juga lumayan mahal. Untung udah kerja. Hehehe apa banget lah nggak penting.
  2. Dengan jumlah halaman yang banyak itu, saya berharap bisa kembali menikmati romansa epic Tari-Ari, tapi ternyata porsi cerita mereka berdua sedikit banget. Total dari 440 halaman, kebanyakan cerita berpusat pada Ata, saudara kembar Ari. Padahal kalau boleh jujur, saya nggak suka sama tokoh Ata. Bodo amet mukanya sama cakep kaya Ari. Ata itu lebih ke....naon sih ai maneh. Gitu loh. Mending Ari nggak usah punya saudara kembar lagi 😑
  3. Banyak adegan yang di ceritain terlalu bertele-tele. Contohnya adegan mengawal Ata. Menurut saya agak berlebihan sih. Untuk menggambarkan seberapa hebohnya kehadiran Ata sampai harus di kawal, saya harus membaca beberapa halaman padahal inti adegannya adalah mengawal Ata. Ya mungkin supaya feel-nya dapet kali ya, tapi buat saya sedikit bosan.
  4. Masih dengan jumlah halaman yang banyak, saya pikir teka teki masa lalu keluarga Ari terkuak semua dan konflik pelan-pelan terselesaikan. Memang sih satu persatu rahasia Ari terbongkar dan makin seru dengan eksisnya tokoh Papa (yang di dua buku sebelumnya, tokoh Papa ini kaya ada, kaya nggak), tapi ternyata masih banyak teka teki yang belum terkuak. Contohnya : seperti apakah kehidupan Papa Ari setelah menikah lagi dengan tante Icha? Apakah mereka memiliki anak? Kapan persisnya mereka jatuh cinta? Laaah kan saya jadinya kepo. Soalnya saya shock juga kalau Papa Ari sudah menikah lagi 😩. Dan konflik makin ruwed dengan hadirnya Angga kembali dan Ata mulai ikut campur. Saran saya untuk Tari : Please Tar, jangan goyah. Elo udah milih Ari. Kalau sampai hati lo baper cuma gara-gara manusia huru hara macam Angga, gue berhenti baca cerita lo. Ceritanya pembaca mulai emosi 😠
  5. Ini yang bikin kesal. Setelah membaca halaman terakhir, ternyata novel ini MASIH ADA KELANJUTANNYA, GAES! 😭 JADI MAKSUDNYA GUE HARUS NUNGGU LAGI, GITU? Ya Allah ko mbak Esti seneng banget buat pembacanya penasaran dan kudu nunggu lagi. Eh eh tapi denger-denger buku lanjutannya terbit tahun ini. Awas loh kalau PHP lagi. Umur saya makin tua nih, mbak 😶
Itu beberapa hal yang membuat saya kehilangan feeling, tapi bukan berarti buku ini nggak memiliki kelebihan ya. Salah satu yang membuat saya ngefans dengan novel-novel Esti Kinasih dari dulu sampai sekarang adalah bahasa dan gaya penulisan hiperbolanya yang khas. Saya ikut merasakan kesedihan yang Ari rasakan. Ikut senyam senyum sendiri dengan persahabatan Ari, Ridho dan Oji. Best friendship ever pokoknya. Semoga di buku ke empat, Ridho dan Oji bisa ngerasain jatuh cinta juga. Mari kita Aminkan bersama 😄

Sekian review novel Jingga untuk Matahari. Sampai ketemu di Jingga untuk Sandyakala. 😃

Btw, saya suka kata-kata Ata untuk Angga : Kalau lo ngincer cewek yang udah punya cowok, rebut dia di depan cowoknya. Jangan di belakang. 

Like a gentleman banget, sih. Hehehe

Penampakan ttd penulis yang saya terima. 

Love.
Amelia Utami

You May Also Like

0 komentar