Uang Gaji Kamu Dipergunakan untuk Apa?

by - Januari 18, 2017

*note : gambar di ambil dari google

Hmmm...hmmmm....ini tulisan pertama saya di tahun 2017!

Sebelumnya, harap di catat : tulisan ini di peruntukkan untuk para pekerja yang masih single alias belum menikah. *tunjuk diri sendiri*

Waktu awal-awal kerja, saya sering di bilang : "Enak ya masih single, gajinya utuh".
Betul. Apalagi saya tinggal di rumah bersama orang tua saya dan nggak perlu ngekost. Biaya hidup di jamin gratis. Pokoknya laaaf banget lah hidup saya.

Tapi apa bener gaji saya utuh 100% ?
Sebenarnya nggak juga. Seperti manusia pada umumnya, saya juga banyak kebutuhan. Baik penting maupun nggak penting. Hahaha.
Berbekal dari pengalaman menjadi anak kosan selama empat tahun, saya terbiasa untuk me-manage uang bulanan. Bedanya, waktu kuliah uang yang saya terima dari orang tua. Sekarang uang yang saya terima dari hasil kerja keras saya sendiri. 

Waktu masih pengangguran, saya pernah di tanya : "Tar uang gajinya di pergunakan untuk apa?". Dengan geblek saya menjawab : "Buat beli buku sama beli hardisk untuk nampung koleksi drama korea". Seriously, tujuan saya bekerja sesimpel itu. Nggak ada pikiran sama sekali jauh ke depan seperti teman-teman saya yang mau nabung beli rumah, emas dan sebagainya. Dan setelah satu tahun bekerja, dalam me-manage uang gaji, saya nggak banyak berubah.

Jadi, tiap bulan uang gaji saya itu dipergunakan untuk empat kategori kebutuhan :
  1. Kebutuhan penting, meliputi belanja bulanan macam beli kosmetik, sembako, pulsa internet dan makan siang. Karena makan siang saya di kantor, otomatis ada anggarannya dari uang gaji saya itu. Dan walaupun saya tinggal bersama orang tua, tapi tiap bulannya saya biasa menyisihkan uang gaji untuk bantu-bantu kebutuhan dapur ibu saya (padahal ibu nggak pernah minta, tapi saya yang justru nggak enakan 😆)
  2. Kebutuhan menyenangkan diri sendiri. Ini sebenarnya nggak wajib sih, tapi lebih ke memberikan achievement untuk diri sendiri karena sudah bekerja keras selama satu bulan. Achievement itu biasanya saya pergunakan dari uang gaji untuk membeli buku, baju, tas, sepatu, pergi ke salon atau sekedar jalan-jalan (walaupun ujung-ujungnya tetep belanja dan wisata kuliner ya 😜). Pokoknya, saya hampir selalu menyisihkan uang gaji saya untuk membahagiakan diri sendiri. 
  3. Saving. Nah, saving uang gaji bagi saya adalah WAJIB. Saya membiasakan diri saya untuk saving uang gaji setiap bulannya. Berapa pun itu nominalnya. Dan setiap bulan saya selalu punya target tabungan saya harus meningkat, walaupun sedikit. Bagi saya, saving uang gaji itu penting karena kita nggak akan tau kebutuhan mendesak apa yang akan kita hadapi besok. Kalau kita boros dalam menggunakan uang gaji, bisa jadi nanti kita akan mengalami kesulitan. Saving, selain membuat saya berjaga-jaga, juga biasanya saya pergunakan untuk waktu yang akan datang. Bisa untuk travelling, modal usaha, modal nikah atau investisasi. Nggak akan ada yang tau. Yang jelas sih saving membuat saya merasa lebih "aman" dan melatih diri supaya mempergunakan uang dengan baik.
  4. Sodaqoh. Sebenarnya saya ragu untuk memasukkan ini. Takut di anggap riya atau pamer. Tapi anggaplah bahwa sodaqoh adalah perwujudan rasa syukur saya terhadap rezeki yang sudah saya terima. Prinsip saya, sodaqoh tidak mesti berbentuk uang atau barang. Perwujudannya banyak dan bagi saya yang penting adalah ikhlas, karena rezeki yang kita terima sebagian adalah hak orang lain.
Nah, kira-kira seperti itu sharing saya tentang bagaimana saya me-manage uang gaji saya. Bagaimana dengan kamu? Sharing yuuuuk karena setiap orang punya cerita yang berbeda-beda.

Love.
Amelia Utami

You May Also Like

3 komentar

  1. Wah boleh ni buat aku yg mau gajian pertama hihihi, makasih teh ami 😘

    BalasHapus
  2. Wah intan udah kerja? Selamat menikmati gaji pertama ya 😄

    BalasHapus
  3. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus