Media Sosial

by - Juni 07, 2015

Semenjak saya memiliki smartphone (cieeee), saya memiliki beberapa akun media sosial. Mulai dari yang sering aktif, maupun yang jarang aktif. Dari semua jenis media sosial yang ada, saya hanya memiliki beberapa. Beberapa yang menurut saya menarik dan cocok untuk kebutuhan saya. Bukan hanya sekedar ikut-ikutan. 

Berikut media sosial yang saya miliki :

1. Instagram
Beneran deh media sosial ini wajib banget kamu miliki, apalagi yang hobi fotografi atau sekedar selfie hahaha. Instagram bagi saya pribadi sih bukan hanya sekedar media sharing foto, tapi juga membuat saya lebih kreatif dalam mengolah foto saya sebelum di upload, sehingga keliatan lebih menarik. Misalnya, saya belajar mengatur tune image (brightness, contrast dan highlights) supaya foto saya lebih cerah secara alami. Tidak ekstrim macam pake camera 360 atau camera beauty plus. Terus kita bisa mengatur size foto sesuka hati kita. Kita juga bisa menambahkan efek pada foto kita. Selama tidak mencolok mata sih, itu oke-oke aja ya. Apalagi kalau kombinasinya pas, jatuhnya foto kita malah lebih keren.

Aplikasi foto yang biasa saya gunakan : Photo Grid, PicArt, Square InstaPic, VSCO Cam dan Snapseed. Dari semuanya, Snapseed juaranya!

Akun Instagram favorit saya : @lucedaleco (yang suka vintage seperti saya, she is queen of vintage from Indonesia), @indahnadapuspita dan @thataljundiah (blogger hijab favorit saya), @bestkdramas (yang suka nonton drama korea, akun ini sangat update dengan drama terbaru dan memberi rekomendasi mana drama yang seru ceritanya. Hati-hati spoiler ya hihi), @amrazing (fotonya keren-keren dan di jamin mupeng mulu untuk travelling), @chachathaib (selain anaknya gemesin banget, saya suka kepoin akun dia karena biasanya merekomendasikan online shop yang oke hehehe).

2. Blog
Yang kurang puas curhat atau berbagi cerita lewat media sosial lain karena jumlah katanya terbatas, blog bisa jadi pilihan. Apalagi yang hobi menulis seperti saya, blog sangat membantu sekali. Bahkan kalau postingan blog kita banyak pengunjungnya, bukan tidak mungkin blog bukan hanya sekedar lahan menulis, tapi juga dapat dijadikan sebagai pekerjaan. Sebutannya adalah blogger. Udah baca kan kisahnya Raditya Dika? doi bisa sukses sekarang berawal dari postingan-postingan dia di blog. 
Tapi sebagai orang yang suka menulis blog, saya nggak terlalu mikir sukses sih. Bisa di baca orang aja udah bersyukur. Intinya sukses itu bonus. Bonus dari kerja keras kita. Yang lebih penting kita tetap konsisten menulis eaaaaaaa. *mulai alay*.

Blogger favorit saya : Anastasia Siantar, DramatrollAndra Alodita dan Amrazing

3. Path
Dibandingkan dengan teman-teman, saya termasuk telat memiliki akun Path. Baru beberapa bulan saya bergabung dengan Path. Awalnya nggak ngerti fungsi Path ini apa. Setelah liat postingan-postingan temen, akhirnya saya  paham. Intinya sih kita bisa "pamer" lokasi kita sekarang dimana, lagi baca buku apa, dengerin musik apa, nonton film apa (bareng siapa juga penting nih ya hehehe). Kita juga bisa share quotes (yang jumlah katanya nggak terbatas seperti twitter), foto dan video. Sampai saat ini Path masih seru ya, asal jangan hobi nge-tag berjamaah aja. Oh ya, path ini juga katanya lebih private karena jumlah pertemanan yang di terima nggak banyak dan list friends-nya ya temen-temen yang kita kenal aja.

4. Twitter
Pertama aktif di twitter tahun 2009. Dari tahun 2010-2013 adalah masa seru-serunya twitter. Belum ada twitwar (tau twitwar? itu loh maksudnya perang di twitter. Lagian perang ko di twitter?), belum ada iklan-iklan sampah yang menyebalkan juga. Nggak bisa di pungkiri, semakin banyak media sosial baru bermunculan, twitter jadi sepi. Setidaknya di twitter saya. Kadang saya kangen mention-mention sama temen-temen, retweet twit mereka atau bikin twit galau-galau hahaha. Sekarang buka twitter cuma buat baca berita, kepoin twit selebtwit atau ngetwit ala kadarnya. *muka sedih*

5. Facebook
Setelah Friendster udah redup pamornya, nah penggantinya adalah facebook. Meskipun udah nggak setenar tahun-tahun awal kemunculannya, facebook di bilang masih banyak pengikutnya sampai sekarang, termasuk saya. Waktu awal main facebook, saya akui, saya sangat alay sekali. Sering update status galau-galau nggak jelas. Tapi sekarang sih fungsi facebook bagi saya lebih ke mini blog. Berhubung saya udah me-remove teman-teman yang nggak saya kenal dan sebagai gantinya saya add akun-akun yang bermanfaat.

Akun facebook favorit saya : Alfathri Adlin (beliau suka bahas filsafat, agama dan cerita kehidupan yang menginspirasi), Hendi Jo (yang suka sama sejarah tapi males baca buku, bisa kepoin akun beliau. Beliau juga suka sharing foto jaman sejarah yang jarang ada di buku), Mas Hendrajit (Politik), Kafil Yamin (suka aja sama pengetahuan yang beliau share, terutama tentang jurnalistik), Sidrotun Naim dan Dedi Priadi (suka dengan cara beliau berdua mendidik anaknya dan terutama bu Naim suka sharing tentang politik juga).
notes : saya nggak kenal secara pribadi sama pemilik akun-akun tersebut, tapi bagi saya itulah salah satu fungsi media sosial yang positif, yaitu saling menginspirasi, meski tak saling kenal di dunia nyata.

Love.
Amelia Utami
#30hariproduktifmenulis

You May Also Like

0 komentar