My 90s Stuff

by - Juni 04, 2015

Hai, semenjak notebook saya error, saya jarang post tulisan baru untuk #30hariproduktifmenulis. Ketinggalan jauh deh sama temen saya, Rini, huhuhu. Tapi untungnya ada laptop punya teteh yang nganggur kalau dia lagi di kantor atau nggak lagi dia pake. *peluk teteh*.

Nah, sekarang saya mau bahas tentang masa lalu. Bukan bersama mantan ya *ehm*. Jadi, dari remaja saya punya kebiasaan aneh, yaitu suka ngumpulin barang-barang jaman dulu. Jaman saya masih kecil. Beruntung saya menghabiskan masa kecil pada tahun 90an, dimana konon katanya masa itu adalah masa paling bahagia bagi anak-anak di seluruh dunia. Barang yang masih di simpan nggak banyak sih karena rumah saya pernah di renovasi besar-besaran, jadi banyak yang nggak tau deh pada kemana.

Ini barang-barang yang masih saya selamatkan dan saya simpan serapih-rapihnya. Beberapa barang udah pernah saya posting di instagram :

1. Perangko

Koleksi Pribadi
Hayo siapa yang dulu hobi pergi ke kantor pos? pasti nggak asing deh sama benda yang satu ini. Lihat harganya masih 300 sampai 500 perak. Dengan harga perangko yang murah itu, di jamin surat kita bakal sampai ke tempat tujuan.

2. Mengirim Surat ke Artis Cilik

Koleksi Pribadi
Masa kecil kamu pokoknya belum lengkap kalau belum mengalami masa-masa ngirim surat ke artis cilik. Dulu saya bela-belain beli majalah bobo untuk dapetin alamat rumah artis. Terus dengan pedenya saya kirim surat ke mereka sama minta foto. Biasanya di balas satu-dua minggu. Rasanya tuh seneng banget kalau ada pak Pos dateng ke rumah. 

3. Kaset


Koleksi Pribadi. Lebih tepatnya punya kakak.
Kayanya barang ini dari jaman ayah ibu kita masih muda udah pada punya deh. Secara belum ada dvd atau cd. Waktu saya kecil toko kaset masih berjaya. Saya banyak ngoleksi kaset lagu anak-anak tapi nggak tau pada hilang kemana :(. Udah paling kesel kalau pita kasetnya udah mulai kusut. Terus dengan sabarnya di benerin dengan cara diputer pake pulpen sampai rapih lagi. Hahahaha

4. Bola Bekel


Koleksi Pribadi
Permainan wajib anak perempuan tahun 90an nih. Lawannya bisa temen, kakak atau bahkan ibunya. Paling gemes kalau lawan kita nggak "mati-mati". Kapan kita mainnya? hihi

5. Tiket Timezone

Koleksi Pribadi
Hiburan paling mewah pada zamannya sih menurut saya. Karena waktu saya kecil aja tiketnya bisa di bilang mahal dan Timezone ini hanya ada di mall-mall besar. Jadi, anak 90an kalau udah main kesini tuh keren banget. Meskipun tiketnya pas di tukar cuma dapet pulpen atau penghapus. 

6. Kartu

Koleksi Pribadi
Sebenarnya saya nggak tau namanya kartu apa. Saya suka beli di abang kloneng-kloneng waktu SD. Btw, tau abang kloneng-kloneng nggak? itu loh abang yang jual mainan keliling dengan pake sepeda. Kenapa di panggil kloneng-kloneng? karena itu bunyi bel sepedanya. *terserah lo deh, ami*.

7. Origami Paper


Koleksi Pribadi
Ini sih biasanya di pake buat pelajaran KTK. Buset deh nyebutnya ktk keliatan banget sd nya udah lama hahaha. Atau biasanya di pake buat minta no telfon rumah temen cewek atau cowok yang kita suka. Cieeeee!

8. Kamera 

Koleksi Pribadi
Meskipun sering kesel karena waktu di cetak hasil gambarnya buram, blur atau bahkan kebakar, percayalah bahwa benda ini sangat sangat berguna untuk mengabadikan moment pada jamannya. Banyak orang tua yang rela nabung buat beli benda ini untuk ngambil gambar anak-anaknya. 

9. Monopoli


Koleksi Pribadi
Bagi kalian yang dibesarkan oleh keluarga sederhana seperti saya, mungkin bisa pergi ke luar negeri hanyalah mimpi di siang bolong. Maka berterima kasihlah pada orang yang sudah menciptakan permainan Monopoli, sehingga bisa mewujudkan mimpi anak-anak kecil seperti saya dulu untuk jalan-jalan ke luar negeri tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

10. Lupus


Koleksi Pribadi
Untuk anak-anak atau remaja 90an pasti masih inget dong kata-kata gaul macam : bokis, ngibul, ngedumel, eike dan lain-lain.  Kata-kata itu banyak berasal dari novel Lupus karya Hilman. Dijamin kamu bakal ketawa guling-guling pas baca. Hilman emang jagonya bikin cerita kocak waktu itu. Cerita Lupus juga udah di bikin film dan sinetron. Yang terkenal sih, Lupus Millenia. Tayang awal tahun 2000-an di Indosiar. Tuh kan saya masih inget, jadinya kangen pengen nonton lagi.

11. Komik

Koleksi Pribadi
Sumber imajinasi saya waktu kecil. Sebenarnya selain komik ada lagi buku-buku bergambar yang ceritanya anak perempuan banget, seperti Cinderella, Alibaba dan 40 Penyamun. Angsa Emas, Gadis Penjual Korek Api dan lain-lain. Dan yeah sayang banget itu hilang tak berbekas. :(

12. Tazos


Koleksi Pribadi
Ini sih banyak anak-anak kecil tahun 90an yang rela beli chiki banyak-banyak supaya dapet hadiah tazos dan di adu sama temen-temennya. Makin lusuh tampilan tazos, makin keren katanya sih. 

13.  Kartu Nabati

Koleksi Pribadi
Kalau kartu ini dapet hadiah dari biskuit nabati yang kalau nggak salah harganya 300 perak atau berapa itu. Agak lupa.

14. Pensil Gambar Luna


Koleksi Pribadi
Salah satu kebahagiaan anak-anak 90an adalah ketika pelajaran menggambar disekolah dan mewarnai pake pensil gambar Luna. Jangan harap deh mau di pinjemin. Yang ada berantem dulu hahaha.

15. Radio


Koleksi Pribadi
Kalau sekarang nggak ada kegiatan atau lagi bete biasanya main HP terus buka media sosial. Waktu saya kecil kalau lagi nggak ada kegiatan atau biasanya nih kalau bete nungguin adzan maghrib pas bulan Ramadhan, ya mending dengerin radio sambil request lagu kesukaan. Jangan lupa titip salam buat temen-temen ya, hehehe.


Love.
Amelia Utami
#30hariprodukifmenulis

You May Also Like

0 komentar