Benda dan Kenangan

by - Februari 23, 2017

Sambil menunggu lumpia matang, saya mau cerita sedikit ah....

Saya itu termasuk anak yang suka menyimpan benda-benda dari masa lalu. Entah dari masa kecil saya atau pemberian dari orang-orang yang memiliki keterikatan kenangan dengan saya. Saya tidak memiliki alasan yang jelas mengapa saya masih menyimpannya hingga sekarang. Saya hanya merasa....benda-benda itu sebagai kenangan bahwa saya pernah memiliki cerita bersamanya.

Saya masih menyimpan komik dengan tulisan tangan saya yang masih jelek, disana ada tulisan...

Amelia Utami, 2000.

Saya pernah membelinya tahun 2000. Tujuh belas tahun yang lalu. Sesimpel itu ingatannya. Tapi begitu membekas bahwa saya pernah bahagia hanya dengan membaca komik.

Saya masih menyimpan sapu tangan dekil pemberian ibu yang pernah saya hilangkan. Sapu tangan itu baru di temukan satu minggu setelahnya. Dan selama seminggu itu pula saya nangis setiap pergi sekolah.

Kemudian saya masih menyimpan dengan baik biodata teman-teman SD saya. Disana tertulis hobi dan cita-cita mereka. Saya ingin sekali bertanya, apakah mereka sudah mewujudkan cita-citanya? 

Banyak benda-benda lain yang masih tersimpan rapih di kotak besar di kamar saya. Ada kamera, klise film, bola bekel, perangko, surat, tazos, papan monopoli, kaset dan banyak lagi. 

Kamera pemberian bapak tahun 1998. Benda yang masih saya simpan dengan baik.

Dan ketika dewasa koleksi benda saya beralih pada buku dan oleh-oleh dari berbagai negara. Sekalipun itu hanya gantungan kunci, saya akan menyimpannya. Tidak ada niat untuk di pergunakan.

Bagi orang lain mungkin terasa aneh, tapi bagi saya, tidak perlu alasan khusus untuk menjelaskan semua itu. Saya hanya ingin menyimpannya. Itu saja. Maka ketika saya rindu, saya bisa membuka dan mengingatnya. Ketika mungkin orang lain sudah membuangnya, saya masih menyimpannya. Untuk berbagai kenangan yang tidak mampu saya hapus. Entah sampai kapan 😊


Love.
Amelia Utami

You May Also Like

0 komentar