Tentang Pilihan Hidup

by - Februari 22, 2017

Jadi, akhir-akhir ini saya sedikit kecewa melihat beranda media sosial beberapa teman  saya. Tidak ada yang melarang sih mereka mau membuat status apa atau mau sharing tentang apa. Yang membuat saya kecewa adalah konten yang mereka bicarakan atau yang mereka sharing

Ada beberapa teman saya yang sudah resign dari pekerjaannya. Itu pilihannya. Terlepas dari apa yang menjadi alasannya, saya menghormati keputusannya, termasuk menghormati jalan hidup yang di pilihnya sekarang. 

Tapi saya kecewa ketika mereka malah membuat seolah-olah pilihan hidupnya adalah yang terbaik dan pilihan hidup orang lain yang tidak sama dengannya adalah kurang baik. Bagaimana bisa dia membandingkan pilihan hidupnya dengan pilihan  hidup orang lain? Bagaimana bisa dia menghakimi pilihan hidup orang lain tanpa tau alasan-alasan di baliknya? Bagi saya itu seperti terlalu terburu-buru dalam menilai.

I'm totally lost respect!

Begini ya, kalau kamu tidak suka menjadi karyawan dan lebih suka menjadi wirausahawan, ya sudah tidak apa-apa. Itu pilihan kamu. Tapi bukan berarti kamu boleh merendahkan pilihan teman-teman kamu yang masih bertahan menjadi karyawan. 

Kalau kamu memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, ya sudah tidak apa-apa. Itu pilihan kamu. Tapi bukan berarti kamu boleh merendahkan pilihan teman-teman kamu yang lebih memilih menjadi wanita karir.

Kalau kamu memilih untuk bekerja di bandingkan melanjutkan sekolah, ya sudah tidak apa-apa. Tapi bukan berarti kamu boleh merendahkan teman-teman kamu yang melanjutkan sekolah.

Kalau kamu memilih jalan hidup yang lain-lain, ya sudah tidak apa-apa. Itu pilihan kamu. Tapi bukan berarti kamu boleh merendahkan teman-teman kamu yang berbeda jalan dengan kamu.

Life choice is not general. It's personal.

Intinya, pilihan hidup yang kamu jalani belum tentu yang terbaik untuk orang lain dan pilihan hidup orang lain juga belum tentu yang terbaik untuk kamu. Kamu nggak bisa memaksakan pilihan kamu ke orang lain. Begitu juga sebaliknya.

Yang harus kamu ketahui, setiap orang dalam membuat keputusan pasti di dasari oleh alasan dan pertimbangan pribadi. 

Yang penting kamu happy sama pilihan hidup kamu.
Yang penting kamu bertanggung jawab sama pilihan hidup kamu.
Itu udah cukup. 
Karena pilihan hidup yang kamu jalani bukan untuk menyenangkan orang lain 😊

Love
Amelia Utami

You May Also Like

0 komentar