Definisi Cantik

by - Mei 13, 2015

Beberapa jam yang lalu, saya memposting foto selfie saya (again and again hahaha) terus bingung mau kasih caption apa. Mau kasih gambar emo aja ko ya kayanya nggak menarik, terlalu sederhana. Padahal fotonya emang sederhana hehe. 
Tiba-tiba saya ingat dengan twit orang yang saya retweet di twitter (ya Allah ribet!) Bunyinya begini:

"Beauty is not about makeup or fancy clothes. It's about personality, capacity, charm and talents".

Terus saya mikir lagi, woman without makeup? HAHAHAHA (ketawa jahat). Nggak mungkin! Meskipun makeup bukan prioritas, tapi makeup penting untuk wanita. Dian Sastro yang mukanya udah cantik natural aja masih butuh makeup, apalagi remahan rempeyek macam kita. Jujur saja, saya bukan tipe wanita yang suka dandan. Saya memutuskan untuk berdandan itu waktu kuliah semester tujuh. Itu pun masih belajar pake pensil alis, eyeliner dan lipstik. Sebelumnya saya nggak paham sama alat-alat makeup begitu. Berangkat kuliah cuma pake bedak bayi, day cream sama lipbalm
Kenapa akhirnya berdandan? ya sadar diri aja. Udah mulai dewasa. Udah harus memperhatikan penampilan. Muka sedikit dipoles makeup biar nggak pucat atau biar keliatan lebih fresh. Simply, karena itu aja. 
Jadi, makeup penting tapi nggak berlebihan. Saya setuju. Dan tau apa kegunaan makeup dan kapan harus di gunakan. Jangan lagi nonton drama korea di rumah pakai daster, tapi muka full makeup. Mau kemana, cyiiiin? 

Akhirnya saya meralat kalimatnya dengan begini :

"Beauty is not always  about makeup or fancy clothes. It's about personality, capacity, charm and talents... dengan tambahan... then most importantly, you can bring a positive energy to the people around you"

Siapa yang nggak mau di bilang cantik? rasanya ada kebanggaan sendiri ya kalau di puji begitu. Tapi apa cantik itu hanya sebatas penampilan fisik saja? Iya, jika memang bagi kamu penampilan fisik adalah segala-galanya. Tapi tidak bagi saya. Oleh karena itu saya menulis caption tersebut. 

Beauty is about personality...
Personality menurut Kartini Kartono dan Dali Gulo dalam Sjarkawim (2006) adalah sifat dan tingkah laku khas seseorang yang membedakannya dengan orang lain. 

What your personality? ramah, asik di ajak ngobrol, mudah bergaul, tertutup, doyan ngomong bla...bla...bla...bla... apapun personality kamu, selama itu baik, maka itu akan menjadi bagian dari kecantikan diri kamu. Personality kita akan selalu di ingat orang. Jadi kalau di rasa punya personality yang kurang baik, rubah sekarang, karena personality yang baik menurut saya bisa di bangun selama kita ada keinginan untuk berubah.

Beauty is about capacity...
Pernah denger ejekan : "Percuma punya wajah cantik tapi isi otaknya kosong?" nah, maka dari itu cantik fisik bukan segala-galanya. Meskipun misalnya kita bukan orang yang pintar atau terlahir cerdas, tapi bukan alasan kita malas menggali kemampuan yang kita miliki. Karena itu akan menjadi nilai tambah saat kita berinteraksi dan bergaul dengan orang lain. Jangan sampai ketika di tanya harga makeup berapa kita bisa jawab dengan lancar, eh giliran ditanya ada berita terbaru apa tentang Indonesia, kita malah bengong. Hehehe

Beauty is about charm, is not about fancy clothes...
Kamu mau pake baju merk ternama dari desainer terkenal atau menenteng tas Hermes dengan harga ratusan jutaan, tapi kalau kamu nggak punya pesona, kamu akan terlihat seperti biasa saja. Pernah liat orang dengan penampilan sederhana? yang mungkin bajunya aja beli di pasar baru. Tapi liat muka dia tuh kayanya nyenengin dan penampilannya nggak keliatan kampungan. It's charm! Menampilkan pesona kan nggak mesti dari barang-barang yang kita pake. Pesona timbul dari hati kita, dari dalam diri kita sendiri. Misalnya kalau kamu suka berpikir positif, maka orang lain akan melihat pesona kamu sebagai wanita yang bersemangat. Sehingga kamu menularkan energi positif kepada mereka.

Beauty is about talents...
Saya percaya bahwa setiap orang pasti memiliki bakat di bidangnya masing-masing. Dan bakat yang kita miliki pasti akan membuat kita lebih percaya diri bahwa kita adalah wanita yang cantik seutuhnya.

Jadi, kesimpulannya....
Cantik bagi saya adalah kombinasi antara penampilan fisik dan apa yang ada di dalam diri kita. Penampilan fisik tentu tidak terbatas soal makeup dan wajah cantik, tapi penampilan yang sopan dan tentunya dengan style masing-masing. Sehingga orang lain akan menilai kita bukan hanya sebagai pribadi yang menjaga dan mencintai diri sendiri, tapi juga akan mengingat kita sebagai pribadi yang unforgettable.  
How about you?

Love.
Amelia Utami
#30hariprodukifmenulis

You May Also Like

0 komentar