Jangan Jadi Orang Kampung yang Kampungan

by - Mei 17, 2015

Sebenarnya ini juga berlaku untuk semua orang darimanapun ia berasal, tapi berhubung saya tinggal di kampung dan sering sekali menjumpai hal-hal yang akan saya bahas di bawah ini. Semua ini berdasarkan pengamatan pribadi saya dan cerita orang-orang terdekat. Dengernya lumayan bikin kesel, sebel dan gemes. Berikut tingkah laku orang kampung yang menurut saya kampungan dan nggak boleh di tiru :

1. Menerobos lampu merah.
Mentang-mentang tinggal di kampung yang jarang ada polisi berjaga dan kondisi jalan yang lengang karena tidak banyak kendaraan lewat di jalan raya, masih banyak banget yang nekat menerobos lampu merah. Kalau di tanya alasannya, pengendara berdalih kalau dari arah jalan yang berlawanan tidak banyak kendaraan, jadi tidak akan berbahaya jika menerobos lampu merah. 
Bah, bisa aja! Ini bukan masalah keselamatan aja sih, tapi juga kedisiplinan dalam berlalu lintas. Situ lulus tes waktu bikin SIM, kan? huh!

2. Buang Sampah Sembarangan
Saya sering melihatnya di pasar atau di toserba. Nggak heran kalau pasar-pasar di kampung tuh jorok banget dan bau. Penjual dan pembeli sama-sama betah banget buang sampah di samping dagangan mereka atau di pinggir jalan yang di lalui sama pejalan kaki. Saya yang sering ke pasar juga jarang tuh liat tempat sampah yang di sediakan. Yang kasihan jelas petugas kebersihan yang setiap pagi harus menyapu jalan dan mengangkut sampah-sampah berserakan yang banyak banget. Huek!
Terus yang lebih nggak paham, di toserba yang notabene tempatnya lebih bersih dari pasar dan menyediakan tempat sampah, tetep aja masih banyak yang bandel buang sampah seenak jidatnya. Padahal saya pernah liat ibu-ibu dengan penampilan rapih, tapi abis selesai makan dengan santai buang sampah sembarangan. Duh :(

3. Males Ngantri
Kalau ini dapet curhatan dari kakak saya yang kerja di bank yang sering kesel banget sama kelakuan nasabah yang nggak sabar ngantri. Pengennya di layani cepat dengan alasan yang macem-macem ; lagi buru-buru lah, dia kenal sama pejabat bank-nya lah sampai kadang nekat berdiri aja di depan meja Costumer Service. Kalau di tegur tetep nggak bergeming, giliran di panggil satpam marah-marah nggak terima. Deuh, yang lain aja ngantri, situ ko males? kampungan!

4. Ngebut-ngebutan
Hahahaha kalau ini emang udah melekat banget sama orang kampung yang kampungan, terutama pengendara motor. Entah apa maksudnya doyan ngebut-ngebutan di jalan yang bikin pengendara lain cuma bisa ngelus-ngelus dada. Mungkin dia pikir jalan raya itu sama aja kaya sirkuit balapan liar, jadi ya mau ngebut pun nggak masalah, meskipun nyawa dia juga jadi taruhannya. Udah ngebut, nggak pake helm dan motornya pun kadang nggak ada kaca spion-nya. Bye aja deh!

5. Nggak punya sopan santun
Ngeliat perempuan lewat, di godain laki-laki sambil di tanya-tanya : siapa namanya? rumahnya dimana? udah punya pacar belum? oke, misalnya itu bercanda, tapi please itu bikin orang yang dengernya risih banget. Norak kalau menurut saya. Mulutnya terlalu pengangguran dan pasti jarang banget ngeliat perempuan jadi ya begitu. Dan saya pernah dapet cerita dari temen saya katanya pernah di ikutin laki-laki nggak di kenal sampai depan rumahnya. Ya awalnya begitu, di godain iseng-iseng. Kan serem :(

Jadi, menurut saya, walaupun kita tinggal di kampung atau desa sekalipun, tapi tingkah lakunya jangan malu-maluin. Oke? sekian dan terima kasih.

Love.
Amelia Utami
#30hariproduktifmenulis

You May Also Like

0 komentar